Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Motor Salah Pencet Klakson, Residivis Tertangkap Lagi

Kompas.com - 30/04/2013, 13:39 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sandi Saputra (20) alias Mohex, remaja asal Kampung Cibitung, Desa Cikancung, Kelurahan Cikancung, Kecamatan Cikancung, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, harus kembali mendekam di balik jeruji besi. Padahal, dua hari sebelumnya, dia baru saja bebas dari hukuman sejak tahun 2008 untuk kasus pencurian kendaraan bermotor.

Awalnya, Sandi dibekuk Polresta Bandung Timur dan di penjara delapan bulan. Sempat bebas, Sandi masuk penjara lagi tahun 2009 dengan kasus yang sama. Ia ditahan Polres Bandung, Soreang, kemudian penahanannya dipindahkan ke Lapas Garut. Akibat ulahnya, Sandi dijatuhi vonis tiga tahun penjara, dan bebas dua hari lalu.

Kamis (25/4/2013) kemarin, Sandi mendapat surat keterangan resmi dibebaskan dari tahanan, dari Lapas Garut. Namun, berselang dua hari kemudian, Sabtu, (27/4/2013), Sandi kembali mendekam di dalam sel karena mencuri sepeda motor Yamaha Mio milik Agus (50), di kawasan Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, sekitar pukul 03.00 WIB pagi.

Sandi pun babak belur bercucuran darah karena dihakimi massa. Bahkan, pemuda ini tidak bisa berjalan ketika dibawa ke kantor polisi. Kesaksian itu disampaikan Kepala Polsek Sumur Bandung, Komisaris Polisi (Kompol) Janter Nainggolan didampingi Panit I Reskrim Polsek Sumur Bandung Iptu Syahroni saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/4/2013).

Janter menjelaskan, Sandi memang sengaja berkeliaran di malam hari untuk mencari motor. Malang, Sandi yang kesulitan menghidupkan motor curian yang disasarnya, malah memencet tombol klakson. Klakson pun berbunyi keras. Bersamaan dengan suara klakson itu, Tedy (53), yang akan melakukan shalat tahajud langsung menaruh curiga.

"Dia langsung mengecek ke luar, Tedy heran, ada orang tak dikenal sedang menggandeng motor tetangganya (Agus). Saling bertatapan, Tedi kaget, Sandi pun kaget. Pelaku langsung berlari, motor yang sedang digandengnya pun ditinggalkan, Teddy langsung mengejar dan berteriak maling. Warga terbangun, warga mengejar," kata Janter.

Setelah tertangkap, warga langsung menghajarnya. Pelaku mengaku, sebelum "memetik" kendaraan Mio tersebut, Mohex telah berhasil memetik dua buah motor di tempat yang berbeda, yakni di daerah Kiara Condong (Yamaha Jupiter MX) dan Kosambi (Yamaha Mio), pada Jumat, (26/4/2013). "Pas bebas penjara, saya sempat pulang dulu ke rumah, sampai ke rumah sore jam 4. Malamnya terus ke Bandung, orangtua saya sempat melarang saya pergi ke Bandung, tapi saya maksa, karena ada yang menyuruh dan memesan motor," kata Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com