Kompas.com - 30/04/2013, 14:57 WIB
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com — Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pola angin hampir di seluruh wilayah Indonesia saat ini bergerak dari timur ke barat. Fenomena tersebut menandakan musim kemarau, meski hujan masih turun dan menimbulkan banjir di sejumlah wilayah.

”Kalau melihat pola anginnya, tak ada gangguan cuaca yang bisa menimbulkan hujan ekstrem. Banjir yang terjadi lebih disebabkan faktor lokal berupa penguapan yang menimbulkan awan hujan,” kata Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hariadi, Senin (29/4/2013), di Jakarta.

Menurut dia, banjir yang masih terjadi saat ini juga disebabkan faktor topografi setempat. Kerusakan lingkungan banyak menyebabkan lemahnya daya dukung terhadap cuaca.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, banjir bandang pada Minggu petang lalu terjadi di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Banjir berlangsung sejak pukul 18.30 akibat meluapnya Sungai Aek Mata dan Aek Ranto.

“Banjir bandang menyebabkan 12 desa terdampak langsung,” kata Sutopo.

Hariadi mengatakan, posisi koordinat Mandailing Natal ada di utara ekuator. Pembentukan awan lokal di sana didukung posisi matahari yang berada di utara ekuator.

”Wilayah lain yang rentan hujan lebat juga ada di Papua bagian utara karena ada sistem tekanan rendah di Samudra Pasifik utara Papua,” kata Hariadi.

Hujan di wilayah Jawa diprediksi akan semakin berkurang. Itu disebabkan meluruhnya pengaruh sistem tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung. (NAW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.