Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Buruh Akan Turun di Makassar

Kompas.com - 30/04/2013, 19:35 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 buruh dari berbagai serikat pekerja akan turun memperingati Hari Buruh Seduia (May Day) di Makassar, Rabu (1/5/2013).

"Peringatan May Day pada 1 Mei bukan sekedar euforia massa, namun kami ingin menyampaikan aspirasi setelah tidak mendapatkan perhatian khusus dari pengambil kebijakan," kata Koordinator Aliansi Komite Aksi May Day di Makassar, Selasa (30/4/2013).

Menurut dia, aspirasi yang akan digaungkan pada aksi tersebut diantaranya penolakan sistem ekonomi politik kapitalisme. Sistem itu wujudkan oleh pemerintah melalui kenaikan BBM dan TDL. Kedua keputusan itu dinilai hanya membebani masyarakat di kalangan akar rumput dengan segala keterbatasan.

Sementara terkait dengan penguasa atau pemilik modal, lanjut dia, para buruh juga menolak sistem kerja outsourcing yang selalu merugikan pihak pekerja. "Karena itu, kami meminta agar segera wujudkan perlindungan sosial buruh tanpa syarat," katanya.

Selain itu,  pihak pemerintah selaku pengambil kebijakan harus pro pada buruh dan segera menghapuskan kebijakan yang menggunakan regulasi peninggalan zaman kolonialisme dan imperialisme.

Hal senada dikemukakan Humas Gerakan untuk Kemerdekaan Nasional, Arham Tawarra, di Makassar. Menurut dia,  sistem imprialisme telah memberi jalan bagi perusahan perusahan raksasa asing melakukan ekspansi dan eksplorasi terhadap kandungan alam di bumi indonesia.

"Hal itu diperparah, karena sebagian besar tidak mengindahkan penyelamatan lingkungan dan CSR yang dilakukan hanya sedikit yang menyentuh kelompok sasaran," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com