Kompas.com - 30/04/2013, 20:15 WIB
EditorAgus Mulyadi

MEDAN, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara memperkirakan sebanyak 7.000 buruh akan turun ke jalan, guna memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Medan.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumut, Ajun Komisaris Besar MP Nainggolan, di Medan, Selasa (30/4/2013), mengatakan, perkiraan jumlah buruh yang berunjuk rasa tersebut didapatkan berdasarkan laporan berbagai serikat buruh yang menyampaikan pemberitahuan.

Organisasi yang menyampaikan pemberitahuan unjuk rasa itu meliputi DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Sumut, DPD Serikut Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sumut, SBSI Kota Medan, dan DPC Federasi Buruh Logam, Mesin, dan Elektronik Kota Medan.

Berbagai serikat buruh tersebut memiliki empat titik kumpul utama yakni kawasan Industri Tanjung Morawa, kawasan Patumbak, Lapangan Merdeka, dan Kawasan Industri Medan (KIM) di Mabar.

Lokasi yang dituju pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya adalah kantor Gubernur Sumut, gedung DPRD Sumut, kantor Wali Kota Medan, serta kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumut dan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Medan.

Pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan mengenai kemungkinan serikat buruh
melakukan unjuk rasa di Bandara Polonia Medan, sebagaimana yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan surat pemberitahun, Bandara Polonia tidak menjadi lokasi unjuk rasa.

Untuk mengamankan unjuk rasa tersebut, pihak kepolisian mengerahkan 4.604 personel, termasuk guna mendukung pengamanan kegiatan May Day di berbagai daerah lain pada 1 Mei tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk satuan tugas dari Polda Sumut, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 599 orang.

Di wilayah Kota Medan, satuan tugas Polda Sumut tersebut akan didukung pengamanan dari Polresta yang berjumlah 850 personel.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.