Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapkan May Day, Aktivis Buruh Dikejutkan Plastik Hitam Mencurigakan

Kompas.com - 30/04/2013, 21:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah plastik berisi kotak yang mencurigakan ditemukan di depan Kantor KSBSI (Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia), Jl. Cipinang Muara, RT 01 RW 03, Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2013) malam. Di kantor itu sejumlah aktivis buruh tengah berkumpul menyiapkan aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh 1 Mei atau May Day.

Haris, anggota KSBSI menuturkan, sekitar pukul 19.20 WIB, seorang penjaga warung memanggil dirinya. Haris diberitahu bahwa ada plastik warna hitam yang mencurigakan di depan sekertariat KSBSI. Haris pun langsung memeriksa isi plastik.

"Pas saya buka, saya lihat di dalam ada kotak, ada tulisan KSBSI warna merah. Ada kabel melilit di kotak itu dan ada jamnya juga," ujar Haris saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa malam.

Haris mengaku curiga atas isi plastik tersebut. Ia lalu mengangkat plastik berukuran kotak sepatu tersebut ke luar gerbang sekertariat dan melapor ke rekan-rekannya sesama buruh. Ia juga segera menghubungi petugas Kepolisian Sektor Jatinegara.

Pantauan Kompas.com pukul 21.05 WIB, dari jarak dua meter di sekitar plastik tersebut telah diberi garis Polisi. Tidak seorang pun boleh memasuki lokasi tersebut. Para buruh yang tengah mempersiapkan May Day tampak berada di sekitar garis Polisi.

Kini, petugas Kepolisian Sektor Jatinegara dan Kepolisian Resort Metro Jakarta Timur telah berada di lokasi kejadian. Polisi tengah memanggil tim Gegana Polda Metro Jaya untuk mengidentifikasi isi plastik hitam mencurigakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com