Kompas.com - 30/04/2013, 22:03 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Seratus orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sudah mulai berdatangan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2013) sekitar pukul 21.20 WIB. Mereka datang lebih awal untuk menyambut teman-teman mereka yang akan datang besok pagi untuk menggelar aksi unjuk memperingati Hari Buruh Sedunia.

Para buruh yang datang merupakan anggota organisasi sayap dari FSPMI yang bernama Garda Metal. Mereka datang dari Purwakarta dan Bogor, Jawa Barat, dengan menggunakan dua buah bus. Mereka mengenakan pakaian berwarna hitam dengan ikat kepala yang biasa digunakan untuk berdemonstrasi.

"Dari Purwakarta 50 orang dan Bogor 50 orang," kata Nanang Nurdia, salah seorang anggota Garda Metal, Selasa malam.

Nanang mengatakan, para buruh itu mulai berangkat selepas sepulang kerja sekitar pukul 18.00. Mereka sengaja datang lebih awal untuk menyambut teman-teman mereka yang akan memenuhi Ibu Kota, Rabu besok.

Buruh tersebut akan bermalam di kantor Dewan Perwakilan Pusat (DPP) FSPMI di Jakarta. Sebelum berangkat ke kantor DPP, mereka akan menyalakan lilin terlebih dahulu sebagai simbolis dimulainya May Day. "Kami akan tidur di kantor DPP, habis tidak diizinkan kalau tidur di sini (Bundaran HI)," kata Nanang. Untuk sementara, para buruh itu beristirahat dengan duduk-duduk di tepi air mancur Bundaran HI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.