Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Buruh Jawa Barat Sudah Tiba di Bundaran HI

Kompas.com - 30/04/2013, 22:03 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seratus orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sudah mulai berdatangan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2013) sekitar pukul 21.20 WIB. Mereka datang lebih awal untuk menyambut teman-teman mereka yang akan datang besok pagi untuk menggelar aksi unjuk memperingati Hari Buruh Sedunia.

Para buruh yang datang merupakan anggota organisasi sayap dari FSPMI yang bernama Garda Metal. Mereka datang dari Purwakarta dan Bogor, Jawa Barat, dengan menggunakan dua buah bus. Mereka mengenakan pakaian berwarna hitam dengan ikat kepala yang biasa digunakan untuk berdemonstrasi.

"Dari Purwakarta 50 orang dan Bogor 50 orang," kata Nanang Nurdia, salah seorang anggota Garda Metal, Selasa malam.

Nanang mengatakan, para buruh itu mulai berangkat selepas sepulang kerja sekitar pukul 18.00. Mereka sengaja datang lebih awal untuk menyambut teman-teman mereka yang akan memenuhi Ibu Kota, Rabu besok.

Buruh tersebut akan bermalam di kantor Dewan Perwakilan Pusat (DPP) FSPMI di Jakarta. Sebelum berangkat ke kantor DPP, mereka akan menyalakan lilin terlebih dahulu sebagai simbolis dimulainya May Day. "Kami akan tidur di kantor DPP, habis tidak diizinkan kalau tidur di sini (Bundaran HI)," kata Nanang. Untuk sementara, para buruh itu beristirahat dengan duduk-duduk di tepi air mancur Bundaran HI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com