Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150.000 Buruh Pastikan Geruduk Jakarta

Kompas.com - 30/04/2013, 22:12 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea memastikan sudah ada 150.000 buruh yang mengonfirmasikan keikutsertaannya dalam unjuk rasa peringatan Hari Buruh Sedunia, Rabu (1 /5/2013) besok.

"Sebenarnya yang akan melakukan aksi di Jakarta kurang lebih 200.000 buruh. Tetapi sampai hari ini yang sudah konfirmasi adalah 150.000 buruh," kata Andi Gani dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/4/2013).

Andi mewakili KSPSI yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mengatakan, meski banyak sekali massa buruh yang akan turun ke jalan, mereka akan tetap tertib dan mematuhi peraturan yang ada. Para pimpinan buruh meyakinkan bahwa aksi itu tak ditunggangi kepentingan politik dari partai politik tertentu.

"Aksi kami adalah aksi damai. Kami tidak akan melakukan tindakan anarkis dan sebagainya yang menyalahi aturan," kata Andi.

Dalam acara yang sama, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa sebanyak 80.000 buruh dari 150.000 buruh akan bertahan melakukan aksi di depan Istana Negara hingga sore hari. Selain di Istana Negara, dua lokasi utama yang akan dijaga oleh kepolisian terkait demonstrasi buruh itu adalah kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com