Kompas.com - 30/04/2013, 22:12 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea memastikan sudah ada 150.000 buruh yang mengonfirmasikan keikutsertaannya dalam unjuk rasa peringatan Hari Buruh Sedunia, Rabu (1 /5/2013) besok.

"Sebenarnya yang akan melakukan aksi di Jakarta kurang lebih 200.000 buruh. Tetapi sampai hari ini yang sudah konfirmasi adalah 150.000 buruh," kata Andi Gani dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/4/2013).

Andi mewakili KSPSI yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mengatakan, meski banyak sekali massa buruh yang akan turun ke jalan, mereka akan tetap tertib dan mematuhi peraturan yang ada. Para pimpinan buruh meyakinkan bahwa aksi itu tak ditunggangi kepentingan politik dari partai politik tertentu.

"Aksi kami adalah aksi damai. Kami tidak akan melakukan tindakan anarkis dan sebagainya yang menyalahi aturan," kata Andi.

Dalam acara yang sama, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa sebanyak 80.000 buruh dari 150.000 buruh akan bertahan melakukan aksi di depan Istana Negara hingga sore hari. Selain di Istana Negara, dua lokasi utama yang akan dijaga oleh kepolisian terkait demonstrasi buruh itu adalah kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.