Kompas.com - 30/04/2013, 22:32 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan buruh di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) yang ikut dalam peringatan Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2013) besok, berjanji tidak melakukan aksi sweeping terhadap buruh perusahaan lain. Hal itu merupakan perjanjian saat buruh bertemu aparat kepolisian beberapa waktu sebelumnya.

"Artinya, bagi buruh yang ikut aksi tidak akan memaksa buruh yang tidak ikut aksi. Itu sudah janji mereka saat pertemuan polisi dan buruh 14 April lalu," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Metro Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Santun Marpaung kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2013).

Santun mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk ke Polres Metro Jakarta Timur, tercatat ada sekitar 3.500 hingga 5.000 buruh di kawasan JIEP yang akan ikut dalam kemeriahan pesta satu hari para buruh sedunia tersebut. Buruh-buruh tersebut berasal dari 300 perusahaan yang ada di kawasan JIEP.

Menurut Santun, para buruh tidak menggelar aksi unjuk rasa di kawasan JIEP seperti tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, para buruh hanya akan menggunakan tiga lokasi di kawasan JIEP sebagai titik kumpul dan kemudian bergerak menggunakan perangkatnya ke Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Tiga titik kumpul buruh yaitu pertigaan Yamaha, Pulojahe, Cakung; depan Kantor Pajak Buaran, Duren Sawit; dan pintu III JIEP Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung. Enggak tahu mereka kumpul jam berapa, tapi petugas gabungan kita stay sejak pukul 06.00 WIB," kata Santun.

Santun menyebutkan, sebanyak 1.428 personel anggota Polres Jaktim ditambah satu peleton bantuan personel dari Polda Metro Jaya serta satu peleton dari TNI Angkatan Darat (AD) untuk mengamankan peringatan May Day itu. Ia berharap aksi itu berjalan aman dan tertib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.