Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Pulogadung Janji Tak "Sweeping"

Kompas.com - 30/04/2013, 22:32 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan buruh di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) yang ikut dalam peringatan Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2013) besok, berjanji tidak melakukan aksi sweeping terhadap buruh perusahaan lain. Hal itu merupakan perjanjian saat buruh bertemu aparat kepolisian beberapa waktu sebelumnya.

"Artinya, bagi buruh yang ikut aksi tidak akan memaksa buruh yang tidak ikut aksi. Itu sudah janji mereka saat pertemuan polisi dan buruh 14 April lalu," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Metro Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Santun Marpaung kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2013).

Santun mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk ke Polres Metro Jakarta Timur, tercatat ada sekitar 3.500 hingga 5.000 buruh di kawasan JIEP yang akan ikut dalam kemeriahan pesta satu hari para buruh sedunia tersebut. Buruh-buruh tersebut berasal dari 300 perusahaan yang ada di kawasan JIEP.

Menurut Santun, para buruh tidak menggelar aksi unjuk rasa di kawasan JIEP seperti tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, para buruh hanya akan menggunakan tiga lokasi di kawasan JIEP sebagai titik kumpul dan kemudian bergerak menggunakan perangkatnya ke Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Tiga titik kumpul buruh yaitu pertigaan Yamaha, Pulojahe, Cakung; depan Kantor Pajak Buaran, Duren Sawit; dan pintu III JIEP Jalan Pemuda, Rawamangun, Pulogadung. Enggak tahu mereka kumpul jam berapa, tapi petugas gabungan kita stay sejak pukul 06.00 WIB," kata Santun.

Santun menyebutkan, sebanyak 1.428 personel anggota Polres Jaktim ditambah satu peleton bantuan personel dari Polda Metro Jaya serta satu peleton dari TNI Angkatan Darat (AD) untuk mengamankan peringatan May Day itu. Ia berharap aksi itu berjalan aman dan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com