Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Jakpus-TNI Kerahkan 12.000 Personel

Kompas.com - 30/04/2013, 23:09 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Polres Jakarta Pusat bersama dengan TNI, Brimob, dan Satpol PP akan mengerahkan sedikitnya 12.000 personel untuk mengamankan jalannya aksi demo di Jakarta, Rabu (1/5/2013). Sebanyak 12.000 personel ini nantinya akan disebar di 23 obyek vital yang rencananya akan menjadi titik kumpul atau aksi massa.

Personel ini akan dilengkapi dengan senjata lengkap serta ditunjang dengan mobil Sabhara dan meriam air. "Ada 23 obyek yang akan kami jaga. Untuk di Istana, ada 3.000 petugas gabungan yang akan berjaga di seputar kawasan itu," kata Kepala Bagian Operasional Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Irsan kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Selain itu, petugas keamanan akan ditempatkan di obyek yang dianggap paling vital, seperti Kantor Wakil Presiden yang akan dijaga 400 personel, Bundaran Hotel Indonesia 1.900 personel, dan Kompleks Parlemen, Senayan, sebanyak 2.600 personel.

Sementara itu, Polres Metro Jakpus juga akan mengerahkan satu sampai dua peleton petugas untuk menjaga obyek-obyek lainnya, seperti gedung-gedung kementerian yang akan menjadi sasaran aksi unjuk rasa, di antaranya Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, hingga Balaikota DKI Jakarta. "Obyek lain sifatnya antisipasi, akan kami tempatkan satu sampai dua peleton," kata Irsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com