Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25.000 Polisi Amankan Hari Buruh di Jakarta

Kompas.com - 01/05/2013, 04:39 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamanan peringatan Hari Buruh yang akan diwarnai aksi turun ke jalan oleh sekitar 150.000 buruh akan dikawal ketat kepolisian. Polda Metro Jaya akan menurunkan tak kurang dari 25.000 personelnya.

"Kami menambah personel, yang sebelumnya saya katakan 23.000, sekarang menjadi lebih dari 25.000," ujar Kepala Polda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno, Selasa (30/4/2013). Dia mengatakan, penambahan jumlah personel ini merupakan antisipasi penambahan jumlah buruh yang akan ikut turun ke jalan.

Putut mengatakan, informasi semula menyebutkan aksi unjuk rasa besar para buruh akan diikuti oleh sekitar 100.000 orang. Namun dalam perkembangannya, aksi hari ini diperkirakan akan melibatkan tak kurang dari 150.000 buruh. Karenanya, kata dia, penambahan personel polisi ini ditempuh. 

Sebelumnya, para buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) menyatakan, sudah ada 150.000 buruh yang mengonfirmasikan keikutsertaannya dalam May Day. Tak hanya datang dari seputar Jabodetabek, buruh yang mengikuti aksi hari ini datang dari Karawang, Purwakarta, dan daerah lain.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Demo Buruh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com