Kompas.com - 01/05/2013, 04:39 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamanan peringatan Hari Buruh yang akan diwarnai aksi turun ke jalan oleh sekitar 150.000 buruh akan dikawal ketat kepolisian. Polda Metro Jaya akan menurunkan tak kurang dari 25.000 personelnya.

"Kami menambah personel, yang sebelumnya saya katakan 23.000, sekarang menjadi lebih dari 25.000," ujar Kepala Polda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno, Selasa (30/4/2013). Dia mengatakan, penambahan jumlah personel ini merupakan antisipasi penambahan jumlah buruh yang akan ikut turun ke jalan.

Putut mengatakan, informasi semula menyebutkan aksi unjuk rasa besar para buruh akan diikuti oleh sekitar 100.000 orang. Namun dalam perkembangannya, aksi hari ini diperkirakan akan melibatkan tak kurang dari 150.000 buruh. Karenanya, kata dia, penambahan personel polisi ini ditempuh. 

Sebelumnya, para buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) menyatakan, sudah ada 150.000 buruh yang mengonfirmasikan keikutsertaannya dalam May Day. Tak hanya datang dari seputar Jabodetabek, buruh yang mengikuti aksi hari ini datang dari Karawang, Purwakarta, dan daerah lain.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Demo Buruh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.