Kompas.com - 01/05/2013, 05:24 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Bundaran Patung Selamat Datang yang lebih dikenal sebagai Bundaran HI berada di lintasan lurus menuju istana. Lokasi ini pun kadung kondang dikenal sebagai "titik nol" beragam aksi demonstrasi di Jakarta. Tak terkecuali untuk aksi terkait Hari Buruh, hari ini, Rabu (1/5/2013).

Tentu saja, arus lalu lintas dari dan ke kawasan ini juga akan terdampak aksi yang rencananya diikuti 150.00 buruh. Berikut adalah rencana pengalihan arus lalu lintas untuk kawasan Bundaran HI:

1.   Bundaran HI:

     Dari arah selatan:

  •  Mulai dilakukan penyaringan dari Dukuh Atas, kendaraan diarahkan belok kiri melalui Landmark Jalan Galunggung-Jalan Halimun-dan seterusnya, atau diarahkan belok kiri ke flyover Casablanca Jalan Satrio-Kampung Melayu-dan seterusnya (dst).
  • Di pertigaan Dharmala, kendaraan diarahkan belok kiri menuju Jalan Mas Mansyur dst.
  • Di jalur lambat depan BNI 46, kendaraan diarahkan belok kiri menuju lampu lalu lintas (lampu lantas) Dukuh Bawah belok kiri menuju Tanah Abang atau belok kanan menuju Manggarai.
  • Di pertigaan Kartika Plaza, kendaraan diarahkan belok kiri menuju Jalan Tanjung Karang-Jalan Kendal-Jalan Latuharhari-dst.

     Dari arah barat:

  • Penutupan Jalan Kebon Kacang.
  • Penutupan kendaraan yang telah berada di Jalan KH Mas Mansyur diarahkan lurus ke arah Tanah Abang atau ke Karet.

2.  Lampu Lantas Cokroaminoto

  • Kendaraan dari arah selatan (Jalan Rasuna Said) diarahkan belok kanan menuju Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro-dst.
  • Kendaraan dari arah timur (Taman Suropati) diarahkan belok kiri ke Jalan Rasuna Said-lampu lantas Kuningan-dst.
  • Kendaraan dari arah utara diluruskan ke Jalan Rasuna Said-lampu lantas Kuningan-dst atau belok kiri ke Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro-dst (tidak ada yang mengarah ke Bundaran HI).

3. Lampu Lantas Sarinah

  • Arus yang keluar dari perkantoran/perhotelan diarahkan menuju jalur lambat ke Jalan Wahid Hasyim menuju Jalan Agus Salim arah selatan.
  • Penyaringan arus yang datang dari arah barat/Tanah Abang di lampu lantas Jalan Fachrudin diluruskan ke Jalan Mas Mansyur.
  • Arus yang datang dari dari Jalan Wahid Hasyim/Tanah Abang diarahkan belok kiri/arah utara
    Jalan MH Thamrin/Jalan Merdeka Barat (tidak ada yang memotong lampu lantas Sarinah dari barat ke timur atau sebaliknya).

4. Lampu Lantas Kebon Sirih

  • Arus lalu lintas dari Jalan Sabang mulai disaring dan diarahkan ke Jalan Sutan Syahrir.
  • Arus lalu lintas dari arah Tanah Abang akan mulai disaring/dialihkan di lampu lantas Abdul Muis ke Jalan Abdul Muis/Jalan Fachrudin (tidak ada kendaraan yang memotong lampu lantas Kebon Sirih).

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Demo Buruh

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.