Kompas.com - 01/05/2013, 07:37 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Antisipasi keamanan dilakukan di semua tempat strategis di Jakarta dan sekitarnya, Rabu (1/5/2013), yang hari ini akan "diramaikan" demo 150.000 buruh. Salah satu tempat yang mendapat pengamanan ekstra adalah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Terlebih lagi, rombongan buruh dari Tangerang, yang akan bergabung dalam unjuk rasa besar di Jakarta, akan melintas di belakang bandara ini.

"Kami kerahkan 2.500 personel," kata Kepala Polres Bandara Soekarno-Hatta AKBP CH Patoppoi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/5/2013) pagi. Polisi sebanyak itu akan ditempatkan berjaga di belakang Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Gerbang M1, untuk mengawal buruh yang akan melintas dari Tangerang menuju Jakarta. 

Patoppoi mengatakan, dari 2.500 personel itu 870 di antaranya adalah anggota TNI. Adapun selebihnya adalah 1.000 anggota Brimob, 250 dari Polres Bandara Soekarno-Hatta, dan 450 orang dari Polres Tangerang. 

Menurut Patoppoi, personel dari Polres Bandara Soekarno-Hatta tak sampai membekali diri dengan gas air mata. Menurut dia, personelnya hanya mengawal konvoi buruh dari arah Tangerang dan mencegah kemacetan di sekitar gerbang M1.

Kepolisian melakukan pengalihan jalan di sekitar gerbang M1. Para pengguna kendaraan dapat mengikuti instruksi anggota polisi lalu lintas yang akan berjaga di sekitar lokasi tersebut. Kemungkinan, arus kendaraan akan dialihkan melalui jalur di pinggir bandara.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Demo Buruh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.