Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Konsolidatif Usai Cetak Rekor

Kompas.com - 01/05/2013, 07:51 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan kembali berkonsolidasi pada perdagangan Rabu (1/5/2013). Tekanan ambil untung akan mewarnai perdagangan usai IHSG mencetak rekor tertingginya dalam sejarah.

Sentimen positif kembali datang dari penguatan bursa global, terutama bursa Wall Street, semalam waktu Indonesia.

Naiknya saham Apple Inc dan positifnya sejumlah data perekonomian Amerika Serikat membuat indeks-indeks naik tipis. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,14 persen ke level 14.839; Indeks S&P500 naik 0,25 persen untuk mencetak rekor tertingginya di level 1.597 dan Indeks Komposit Nasdaq melejit 0,66 persen di level 3.328.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup naik 34,32 poin (0,69 persen) ke level 5.034,07 dengan jumlah transaksi sebanyak 12,4 juta lot atau setara dengan Rp 7,8 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 305 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain BBRI, UNVR, INTP, TLKM dan UNTR.

Mata uang rupiah terdepresiasi ke level Rp 9.734 per dollar AS. Secara teknikal, menurut riset eTrading Securities, kenaikan IHSG menghasilkan level. all time high yang baru pada level 5,034.

Untuk hari ini diperkirakan IHSG akan menguat di mana hal ini terlihat dari indikator stochastic yang menghasilkan sinyal bullish yang juga didukung adanya peningkatan volume. Dengan dukungan di level 4.950 dan resisten di level 5.100. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com