Kompas.com - 01/05/2013, 07:57 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRobert Adhi Ksp

BATAM, KOMPAS.com - Unjuk rasa peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5/2013) di Batam, Kepulauan Riau akan diikuti puluhan ribu buruh. Mereka berangkat dari kawasan Tanjung Uncang, Muka Kuning, Batu Ampar, dan Batam Center.

Di Muka Kuning, kawasan industri paling padat di Batam, para buruh mulai bersiap parade. Mereka masih berkumpul di jalan-jalan depan pabrik. Rencananya, mereka akan bergabung di jalan raya yang menghubungkan Muka Kuning dengan Batam Center.

"Kami akan parade sampai Kantor Wali Kota," ujar Sekretaris Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Suprapto.

Sebelum bergerak, rombongan dari Muka Kuning menanti rombongan dari Tanjung Uncang. Selanjutnya, mereka juga bergabung dengan rombongan dari Batu Ampar. Barisan-barisan itu akan bertemu di Simpang Kabil. Rombongan terakhir dari beberapa kawasan industri di Batam Center akan menggabungkan diri di Simpang Kara.

Isu utama unjuk rasa adalah penghapusan alih daya dan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. Dua itu belum direspon maksimal oleh pemerintah. Sementara isu upah sudah direspon dengan menaikkan upah minimum kabupaten/kota untuk 2013 sebesar puluhan persen dibandingkan upah 2012. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.