Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Batam Bergerak dari Empat Titik

Kompas.com - 01/05/2013, 07:57 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Unjuk rasa peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5/2013) di Batam, Kepulauan Riau akan diikuti puluhan ribu buruh. Mereka berangkat dari kawasan Tanjung Uncang, Muka Kuning, Batu Ampar, dan Batam Center.

Di Muka Kuning, kawasan industri paling padat di Batam, para buruh mulai bersiap parade. Mereka masih berkumpul di jalan-jalan depan pabrik. Rencananya, mereka akan bergabung di jalan raya yang menghubungkan Muka Kuning dengan Batam Center.

"Kami akan parade sampai Kantor Wali Kota," ujar Sekretaris Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Suprapto.

Sebelum bergerak, rombongan dari Muka Kuning menanti rombongan dari Tanjung Uncang. Selanjutnya, mereka juga bergabung dengan rombongan dari Batu Ampar. Barisan-barisan itu akan bertemu di Simpang Kabil. Rombongan terakhir dari beberapa kawasan industri di Batam Center akan menggabungkan diri di Simpang Kara.

Isu utama unjuk rasa adalah penghapusan alih daya dan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. Dua itu belum direspon maksimal oleh pemerintah. Sementara isu upah sudah direspon dengan menaikkan upah minimum kabupaten/kota untuk 2013 sebesar puluhan persen dibandingkan upah 2012. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com