Kompas.com - 01/05/2013, 08:58 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BEKASI, KOMPAS.com — Lebih dari 500 bus yang penuh dengan buruh dan lebih dari 500 sepeda motor yang dinaiki oleh buruh bergerak dari pabrik-pabrik dan kawasan industri menuju lokasi demonstrasi di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Jakarta, Rabu (1/5/2013).  

Di Kabupaten Bekasi, unjuk rasa akan ada di Kantor Bupati Bekasi, DPRD Kabupaten Bekasi, kawasan industri Lippo Cikarang, Jababeka, EJIP, Hyundai, dan Gerbang Tol Cikarang Barat, Cikarang Utama, dan Cibitung. Ada juga acara Buruh dan Pengusaha Bekasi Berzikir di Jalan Jababeka XVI, Blok U, Jababeka I, Cikarang Utara.  

Di Kota Bekasi, unjuk rasa buruh akan ada di Kantor Wali Kota Bekasi, DPRD Kota Bekasi, kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi, Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timur. Buruh yang ke Jakarta akan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek memakai bus dan jalan arteri memakai sepeda motor.

Titik kumpul buruh antara lain Omah Buruh di EJIP, MM 2100, Jababeka, Lippo Cikarang, Hyundai, Gerbang Tol Cikarang Barat dan Cibitung. Ada 100 bus berangkat dari kawasan industri MM 2100 menuju Jakarta. Ada 300 sepeda motor berangkat dari depan PT PAS di Jalan Siliwangi (Narogong).

Lebih dari 500 buruh sudah berkumpul di depan Kantor Wali Kota Bekasi. Sementara iring-iringan 100 sepeda motor melintasi Jalan KH Noer Ali (Kalimalang) dan Jalan Sultan Agung.  

Untuk mengamankan aksi buruh di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.204 personel. Jumlah itu terdiri atas 2.076 personel yang dipersiapkan oleh Kepolisian Resor Bekasi Kabupaten dan 1.128 personel yang dipersiapkan oleh Kepolisian Resor Bekasi Kota. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.