Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Mengalir ke Jakarta

Kompas.com - 01/05/2013, 08:58 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Lebih dari 500 bus yang penuh dengan buruh dan lebih dari 500 sepeda motor yang dinaiki oleh buruh bergerak dari pabrik-pabrik dan kawasan industri menuju lokasi demonstrasi di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Jakarta, Rabu (1/5/2013).  

Di Kabupaten Bekasi, unjuk rasa akan ada di Kantor Bupati Bekasi, DPRD Kabupaten Bekasi, kawasan industri Lippo Cikarang, Jababeka, EJIP, Hyundai, dan Gerbang Tol Cikarang Barat, Cikarang Utama, dan Cibitung. Ada juga acara Buruh dan Pengusaha Bekasi Berzikir di Jalan Jababeka XVI, Blok U, Jababeka I, Cikarang Utara.  

Di Kota Bekasi, unjuk rasa buruh akan ada di Kantor Wali Kota Bekasi, DPRD Kota Bekasi, kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi, Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timur. Buruh yang ke Jakarta akan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek memakai bus dan jalan arteri memakai sepeda motor.

Titik kumpul buruh antara lain Omah Buruh di EJIP, MM 2100, Jababeka, Lippo Cikarang, Hyundai, Gerbang Tol Cikarang Barat dan Cibitung. Ada 100 bus berangkat dari kawasan industri MM 2100 menuju Jakarta. Ada 300 sepeda motor berangkat dari depan PT PAS di Jalan Siliwangi (Narogong).

Lebih dari 500 buruh sudah berkumpul di depan Kantor Wali Kota Bekasi. Sementara iring-iringan 100 sepeda motor melintasi Jalan KH Noer Ali (Kalimalang) dan Jalan Sultan Agung.  

Untuk mengamankan aksi buruh di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.204 personel. Jumlah itu terdiri atas 2.076 personel yang dipersiapkan oleh Kepolisian Resor Bekasi Kabupaten dan 1.128 personel yang dipersiapkan oleh Kepolisian Resor Bekasi Kota. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com