Kompas.com - 01/05/2013, 09:08 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

TANGERANG, KOMPAS.com — Sejumlah pintu masuk tol di Tangerang, Banten, dijaga puluhan polisi terkait demo buruh dalam peringatan Hari Buruh atau May Day, Rabu (1/5/2013). Petugas polisi dengan peralatan lengkap dan sejumlah kendaraan tampak berjaga di depan pintu masuk dan gerbang tol.

Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan aksi pemblokadean oleh para buruh sehingga menghambat akses pengendara.

Adapun pintu masuk tol yang dijaga adalah pintu Tol Kebon Nanas di Kota Tangerang, pintu Tol Bitung, dan pintu Tol Balaraja di Kabupaten Tangerang, pintu Tol BSD dan Alam Sutera di Tangerang Selatan, dan pintu masuk Bandara Soekarno-Hatta.

Kapolres Kota Tangerang Kombespol Bambang Priyo Andogo mengatakan, penjagaan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan meski sejumlah aliansi dari serikat buruh menyatakan akan melakukan aksi damai dan tertib tanpa mengganggu masyarakat.

"Intinya, para aliansi buruh telah sepakat untuk melakukan aksi damai. Namun, jika ada yang melanggar, akan ditindak sesuai aturan," katanya.

Sebelumnya, koordinator aksi buruh di Kabupaten Tangerang, Koswara, mengatakan, aksi peringatan Hari Buruh akan dipusatkan di Bandara Soekarno-Hatta. Buruh dari Kabupaten Tangerang akan bergerak ke kawasan Bandara Soekarno-Hatta yang dijadikan sebagai tempat orasi penyampaian tuntutan.

"Kami akan bergabung dengan rekan di Kota Tangerang," kata Koswara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, petugas kepolisian, secara ketat, terlihat mengawal konvoi buruh. Petugas kepolisian berjaga di depan dan di sisi kendaraan konvoi. Tuntutan yang akan disampaikan di antaranya penghapusan sistem kerja kontrak, menolak upah murah dan PHK secara mendadak, dan mendesak pemerintah untuk melakukan nasionalisasi aset asing.
    

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.