Kompas.com - 01/05/2013, 09:48 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berharap aksi buruh tidak anarkistis. Mereka pun menyiapkan pasukan Garda Metal yang telah standby di sekitar Bundaran HI.

Koordinator Pasukan Garda Metal Isnaini Marzuki menyebut Pasukan Garda Metal adalah untuk mengawal para buruh dan mencegah terjadinya anarki. "Kita bertugas sebagai sayap untuk pengawalan aksi supaya tidak anarkis," tutur Isnaini di depan Bundaran HI, Rabu (1/5/2013).

Pasukan Garda Metal ini berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang yang berjumlah sekitar 500 personel. Mereka akan mengawal long march buruh ke Istana Negara sekitar pukul 10.00.

"Yang sudah datang sekitar 500 orang, kita lagi menunggu pasukan tambahan dari Purwakarta, Bogor, Serang, dan Cilegon," jelas dia.

Pengamatan Kompas.com, sejak pagi tadi, Pasukan Garda Metal telah melakukan tugas dengan menertibkan para buruh yang tiba di lokasi. Mereka mengisyaratkan agar penurunan buruh dari bus tidak dilakukan di tengah jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.