Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Anarki, Buruh Kawal Buruh

Kompas.com - 01/05/2013, 09:48 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berharap aksi buruh tidak anarkistis. Mereka pun menyiapkan pasukan Garda Metal yang telah standby di sekitar Bundaran HI.

Koordinator Pasukan Garda Metal Isnaini Marzuki menyebut Pasukan Garda Metal adalah untuk mengawal para buruh dan mencegah terjadinya anarki. "Kita bertugas sebagai sayap untuk pengawalan aksi supaya tidak anarkis," tutur Isnaini di depan Bundaran HI, Rabu (1/5/2013).

Pasukan Garda Metal ini berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang yang berjumlah sekitar 500 personel. Mereka akan mengawal long march buruh ke Istana Negara sekitar pukul 10.00.

"Yang sudah datang sekitar 500 orang, kita lagi menunggu pasukan tambahan dari Purwakarta, Bogor, Serang, dan Cilegon," jelas dia.

Pengamatan Kompas.com, sejak pagi tadi, Pasukan Garda Metal telah melakukan tugas dengan menertibkan para buruh yang tiba di lokasi. Mereka mengisyaratkan agar penurunan buruh dari bus tidak dilakukan di tengah jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com