Kompas.com - 01/05/2013, 10:06 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan buruh di JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung), Jakarta Timur, melakukan pemanasan sebelum konvoi menuju Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka melakukan konvoi kendaraan bermotor di dalam kawasan industri, Selasa (1/5/2013) pagi.

Pantauan Kompas.com, buruh dari sekitar 370 perusahaan di kawasan industri Pulogadung itu mulai berkumpul sejak pukul 08.00 WIB. Buruh tampak berkumpul di tiga titik, yaitu pintu akses masuk JIEP setelah TU Gas, depan Pulogadung Trade Center, dan Kantor Pajak Pulogadung.

Tepat pada pukul 08.30 WIB, para buruh berkeliling. Dengan menggunakan sepeda motor, beberapa ada juga yang menumpang bus sewaan. Para buruh yang kebanyakan terdiri dari kaum pria itu tampak berkeliling di dalam kawasan JIEP sambil membunyi-bunyikan klakson serta melambaikan tangan kepada pengguna jalan yang lainnya.

Aksi para buruh tersebut pun tergolong cukup tertib. Dari spanduk dan bendera yang mereka bawa, terlihat para buruh tersebut berasal dari organisasi buruh yang berbeda, antara lain, Federasi Serikat Pekerja Otomotif Undonesia (FSPOI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Federasi Serkat Pekerja Metal Indonesia (KSPMI), Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Metal (FSP-LEM), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan serikat pekerja dan buruh lainnya.

"Habis kita keliling kawasan, baru kita ke Istana negara. Ini untuk pemanasan kawan-kawan buruh," ujar James, salah seorang peserta aksi.

Sebelumnya, pihak Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur telah merilis, pengamanan peringatan hari buruh itu akan menerjunkan sebanyak 1.428 personel polisi ditambah satu peleton bantuan personel dari Polda Metro Jaya serta satu peleton dari TNI Angkatan Darat (AD).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.