Kompas.com - 01/05/2013, 10:22 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Detasemen Turangga atau polisi berkuda dan Detasemen K9 atau polisi dengan anjing pelacak dari Polisi Satwa Den 9 Baharkam Mabes Polri turut dilibatkan dalam penjagaan depan gedung DPR dan MPR RI. Satuan ini dilibatkan untuk memberikan pengawalan pada bagian depan dan bagian belakang gedung DPR/MPR RI.

"Kita tujuannya hanya memberikan pelayanan pengamanan mereka (buruh) yang ingin menyampaikan pendapat. Jangan sampai mereka disusupi orang yang ingin membuat rusuh," kata Wakil Direktur Satwa Baharkam Mabes Polri Komisaris Besar Andri YB saat ditemui di depan gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Fungsi pasukan berkuda, lanjut Andri, dapat pula digunakan sebagai penghalau massa atau anti huru-hara. Pasukan yang diterjunkan kali ini dilengkapi pawang (penunggang) yang merupakan anggota kepolisian.

"Pasukan berkuda 10, pasukan K9 ada 10. Masing-masing 5 ditempatkan di depan, 5 lagi di belakang gedung DPR," ujar Andri. 

Situasi depan gedung DPR/MPR sampai dengan pukul 09.30 WIB ini terpantau belum didatangi massa elemen buruh. Arus lalu lintas di depan jalan yang mengarah ke Slipi terlihat lengang dan lancar. Begitu juga arus sebaliknya yang mengarah ke Semanggi.

Pada bagian dalam halaman gedung DPR/MPR, terlihat personel gabungan seperti Sabhara Polda Metro Jaya dan Polsek Tanah Abang berjaga. Beberapa unit mobil water cannon dan mobil pemadam kebakaran terlihat standby di dalam gedung DPR/MPR RI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.