Kompas.com - 01/05/2013, 10:36 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ikut mengawal jalannya demonstrasi di Hari Buruh Sedunia (May Day) dan melengkapi diri dengan tongkat kayu (pentungan). Hal itu menjadi ironis karena ratusan personel Satpol PP itu menjaga titik yang menjadi konsentrasi massa di Balaikota Jakarta, tempat Joko Widodo berkantor.

Sebagai Gubernur DKI, Joko Widodo alias Jokowi telah sering meminta anggota Satpol PP meninggalkan cara dan gaya lama dalam bertugas. Yang paling mendapat sorotan adalah untuk tidak lagi melengkapi diri dengan pentungan dan pisau.

Namun, rupanya permintaan Jokowi tak digubris. Dari Balaikota Jakarta, ratusan personel Satpol PP tampak bersiaga. Sebagian besarnya memilih mengisi waktu sambil berbincang dan berteduh dari sengatan matahari. Perlengkapan kerja mereka, seperti tameng pelindung, helm, dan pentungan disusun rapi di halaman Balaikota.

Saat mencoba meminta konfirmasi Kepala Satpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso, yang bersangkutan belum tampak di lokasi dan tak bisa dihubungi. Jokowi juga belum mengetahui perihal personel Satpol PP yang masih melengkapi diri dengan pentungan saat bertugas.

Untuk arus lalu lintas, sampai pukul 10.15, suasana di Jalan Medan Merdeka Selatan masih terpantau lancar. Beberapa kali iring-iringan demonstran dari berbagai serikat buruh melintas di jalan depan Balaikota Jakarta ini dengan tertib dan tak menimbulkan kemacetan berarti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X