Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Tumpah Ruah di DPR, Bus Transjakarta Masuk Tol

Kompas.com - 01/05/2013, 11:27 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan buruh tiba di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta. Elemen gabungan dari sejumlah serikat buruh itu tumpah ruah menutup jalur depan gedung DPR/MPR juga jalur transjakarta yang ada di depannya. Akibatnya, transjakarta dialihkan masuk ke tol dalam kota.

Kanit Lantas Polsek Tanah Abang Kompol Herman menuturkan, transjakarta yang melalui depan gedung DPR/MPR dialihkan masuk melalui tol dalam kota yang mengarah ke Grogol. "Iya busway masuk dalam tol kota dari Semanggi. Nanti keluarnya di Slipi," ujar Herman, Rabu (1/5/2013).

Selanjutnya, Herman mengatakan, kendaraan dari arah Semanggi diarahkan belok kiri ke jalan Gerbang Pemuda yang mengarah ke Lapangan Tembak. "Ya, tidak ada yang lurus dari semanggi yang lewat sini (DPR/MPR)," ujar Herman.

Pantauan Kompas.com, para buruh yang datang dari arah Semanggi itu kini sudah memulai orasinya di depan Gedung DPR/MPR. Buruh menolak dilaksanakannya undang-undang Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS).

"Kita menolak anggota dewan mengesahkan undang-undang BPJS kawan-kawan," seru orator aksi di hadapan massa.

Rencananya, massa akan bergerak kembali ke arah Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka akan melakukan long march untuk bergabung dengan elemen buruh lainnya.

Sementara itu, arus lalu lintas di depan Gedung DPR/MPR hingga pukul 11.00 WIB ini tertutup total. Tidak ada kendaraan umum publik yang terlihat melintas karena memang jalur dialihkan menuju ke arah Lapangan Tembak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com