Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh, Lalin Rasuna Said Padat

Kompas.com - 01/05/2013, 11:49 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di ruas Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (1/5/2013) padat sehingga arus kendaraan lambat. Tampak aksi buruh digelar di depan Kedutaan Besar Australia.

Antrian kendaraan terlihat lebih padat daripada hari-hari biasa. Kendaraan mengular mulai dari depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi hingga selepas Pasar Festival Kuningan sekitar pukul 11.00 WIB.

Meskipun demikian, antrian kendaraan belum sampai masuk ke ruas jalur Transjakarta. Arus Transjakarta koridor Dukuh Atas-Ragunan yang melewati HR Rasuna Said, tampak normal.

Adapun elemen buruh yang menggelar aksi di depan Kedutaan Australia tampak mengusung bendera Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Ratusan pengunjuk rasa itu terlihat mengenakan kaus dan kemeja hijau. Mereka juga tampak membawa spanduk dan bendera yang didominasi warna hijau.

Aksi mereka tampak diamankan sejumlah petugas Kepolisian yang berjaga di sekitar Kedutaan Australia.

Aksi di depan Kedutaan Australia ini digelar dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada hari ini. Diperkirakan, ada 150.000 buruh yang akan turun ke jalan. Mereka menyebar di sejumlah titik mulai dari Bundaran Hotel Indonesia, depan Istana Negara, dan di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan Jakarta. Untuk mengamankan aksi May Day ini, Kepolisian Daerah Metro Jaya menurunkan sekitar 25.000 personelnya.

Ikuti perkembangannya dalam topik "Demo Buruh".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com