Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh, Transjakarta Tetap Beroperasi

Kompas.com - 01/05/2013, 12:50 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa buruh yang memenuhi jalan protokol Ibu Kota untuk memperingati Hari Buruh Internasional menimbulkan kemacetan. Meski demikian, pihak manajemen transjakarta memastikan bahwa bus tetap beroperasi.

Kepala Unit Pelayanan Transjakarta M Akbar mengatakan, pihaknya akan tetap mengoperasikan Bus Transjakarta walaupun harus melewati jalur alternatif. "Untuk para penumpang jangan khawatir. Karena kami tetap beroperasi sesuai dengan koridornya seperti biasa," kata M Akbar ketika dihubungi, Rabu (1/5/2013).

Selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan anggotanya yang berada di lapangan, untuk memastikan bus-bus tersebut masih bisa melintas di jalurnya atau tidak. M Akbar mengatakan, jika Jalan MH Thamrin ditutup, maka bus akan dialihkan ke Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Abdul Muis, serta Harmoni. Selain itu apabila Jalan depan Gedung Parlemen, Senayan ditutup, bus transjakarta dari Semanggi akan dialihkan untuk masuk tol Slipi.

"Tapi, kembali kami melihat situasional lapangan," ujarnya.

Sementara itu, bila aksi ini berubah menjadi hal yang tak diinginkan, seperti massa buruh membuat semua ruas jalan Ibu Kota tertutup oleh aksinya, maka unit pelayanan transjakarta akan menghentikan operasional bus untuk sementara waktu.

"Penghentian itu sampai situasi di lapangan berlangsung kondusif. Namun, apabila bus transjakarta tiba-tiba terjebak ribuan massa di tengah jalan, maka akan dilakukan evakuasi terhadap penumpang dan menurunkan mereka ke halte terdekat," tuturnya.

Akbar menambahkan, pihaknya memberikan perhatian khusus pada dua jalur seiring dengan aksi peringatan May Day, yaitu Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit). Untuk Koridor I, daerah yang akan menjadi perhatian khusus adalah Jalan Sudirman, Bundaran HI, dan Jalan MH Thamrin.

Sementara untuk Koridor IX, pihaknya akan mengawasi wilayah Jalan S Parman, Senayan, dan Jalan Gatot Subroto tepatnya di depan kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang rawan akan menjadi titik kumpul massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com