Kompas.com - 01/05/2013, 12:56 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRobert Adhi Ksp

BATAM, KOMPAS.com - Unjuk rasa peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5/2013) di Batam, Kepulauan Riau diwarnai sejumlah isu. Salah satu isunya adalah pendirian pengadilan hubungan industrial di Batam.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam, Syaiful Badri mengatakan, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Kepulauan Riau berada di Tanjung Pinang. Padahal, lebih dari 90 persen kasus perburuhan berasal dari Batam. "Untuk memperjuangkan haknya di pengadilan, buruh harus keluar biaya besar. Habis dana untuk ongkos feri Batam ke Tanjung Pinang," ujarnya.

Karena itu, buruh mendesak pemerintah merelokasi PHI Kepri dari Tanjung Pinang ke Batam. Pemindahan lokasi pengadilan akan memudahkan akses buruh terhadap PHI. "Pemindahan menunjukkan komitmen dan keberpihakan pemerintah pada buruh," tuturnya.

Anggota Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho mengatakan, DPRD Batam sudah meminta pemindahan sejak dahulu. Namun, sampai sekarang usulan itu tidak kunjung direalisasi. "Jangan hanya pertimbangkan Tanjung Pinang ibukota Kepri. Pertimbangkan fakta dari mana kasus banyak berasal," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.