Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Pelajar Berseragam Pakaian Betawi

Kompas.com - 01/05/2013, 15:23 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta pelajar di DKI Jakarta menggunakan seragam pakaian khas Betawi (sadharia) satu kali dalam seminggu. Untuk percobaan, penerapan kebijakan ini akan berlaku setelah dibuat peraturan gubernur tiga-empat bulan ke depan.

Ditemui di sela-sela kesibukkannya, Jokowi merasa perlu mengeluarkan kebijakan baru tersebut sebagai upaya melestarikan budaya Betawi di kalangan pelajar. Di tahap awal, Jokowi akan meminta dua sekolah di setiap wilayah Jakarta untuk menerapkan kebijakan ini.

"Saya pikir sementara dua sekolah di setiap wilayah, jadi 10 sekolah," kata Jokowi, Rabu (1/5/2013), di Jakarta.

Sebelumnya, kewajiban menggunakan sadharia telah diterapkan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI sejak awal 2013. Saat ini, setiap Jumat seluruh pegawai negeri sipil mengenakan sadharia dan untuk wanita mengenakan kebaya.

Masih terkait pakaian adat, Jokowi mewajibkan seluruh siswa untuk mengenakan pakaian adat nusantara saat ke sekolah di hari pengumuman hasil Ujian Nasional. Langkah ini sengaja ditempuh untuk menekan perilaku negatif yang kemungkinan terjadi selepas pengumuman hasil UN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com