Kompas.com - 01/05/2013, 17:20 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan memutuskan pemenang tender pembangunan transportasi cepat massal (MRT) pada malam ini, Rabu (1/5/2013). Kepastian pengumuman pemenang lelang akan dilakukan jika tak ada sanggahan dari para peserta tender megaproyek tersebut.

"Waktu sanggah sampai pukul 17.00 nanti. Kalau clear (tak ada sanggahan), malamnya saya putuskan dan besok saya sampaikan," kata Jokowi di Sunter, Jakarta Utara, Rabu siang.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan, hingga hari ini, belum ada peserta tender yang mengajukan keberatan. Dengan begitu, soft launching angkutan massal berbasis rel ini bisa segera dilakukan. Namun, bila ternyata ada peserta tender yang mengajukan sanggahan pada detik-detik akhir, proses penentuan pemenang tender akan tertunda selama lima hari ke depan.

"Saya kira tidak akan ada (sanggahan). Segera diluncurkan, dimulai pembangunan, dan 2017 harus selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami belum mau berkomentar tentang pemenang tender. Ia juga memilih tutup mulut terkait waktu peluncuran MRT. Baginya yang terpenting adalah memastikan waktu sanggah berlangsung baik supaya proses selanjutnya bisa segera dilaksanakan.

"Tunggu nanti malam saja bagaimana keputusannya," ujarnya.

Hingga saat ini, yang baru diketahui adalah pemenang lelang tiga paket underground senilai Rp 4,5 triliun. Paket itu dimenangkan oleh dua konsorsium yang dipilih dari gabungan 10 perusahaan Jepang dan badan usaha milik negara, yaitu Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture untuk dua paket, sementara Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation dipilih untuk satu paket.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X