Kompas.com - 01/05/2013, 18:20 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pengenalan atau soft launching pembangunan fisik mass rapid transit (MRT) akan berlangsung pada Kamis (2/5/2013) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pengenalan megaproyek transportasi ini dilakukan setelah melewati masa sanggah selama lima hari.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membenarkan hal tersebut. "Iya, besok soft launching-nya di Bundaran HI," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Basuki mengatakan, acara tersebut akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Basuki tidak hadir di acara itu dan lebih memilih untuk memimpin rapat daripada tampil bersamaan dengan Jokowi dalam sebuah acara seremonial.

Penyelenggaraan soft launching menandakan bahwa Pemprov DKI sudah mengantongi surat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta masih menginginkan adanya pembahasan soft launching MRT. "Ya, intinya semua sudah setuju," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Soft launching pembangunan MRT berupa pengumuman konsorsium pemenang lelang konstruksi sipil sebanyak enam paket, masing-masing tiga paket konstruksi bawah tanah dan tiga paket konstruksi layang. Hingga saat ini, yang baru diketahui adalah pemenang lelang tiga paket bawah tanah senilai Rp 4,5 triliun. Paket itu dimenangi oleh dua konsorsium yang dipilih dari gabungan 10 perusahaan Jepang dan badan usaha milik negara, yaitu Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture untuk dua paket, sementara Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation dipilih untuk satu paket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.