Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nyabu", Kolonel ASB Resmi Dicopot sebagai Danlanal

Kompas.com - 01/05/2013, 19:19 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — ASB, Kolonel TNI Angkatan Laut yang diciduk Badan Narkotika Nasional (BNN) saat tengah mengonsumsi sabu, resmi dicopot dari jabatannya sebagai Danlanal (Komandan Pangkalan Angkatan Laut). Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Untung Suropati.

"Terhitung mulai Senin  (29 April 2013) pagi kemarin, pencopotan Komandan Lanal Semarang sudah turun," ujarnya kepada wartawan seusai mengikuti diskusi di BNN, Rabu (1/5/2013).

Menurut Untung, pihaknya bisa saja memecat ASB tidak hanya dari jabatannya, melainkan juga dari kesatuan Angkatan Laut. Namun, lanjut Untung, pihaknya tetap menghormarti proses peradilan di pengadilan militer. Proses tersebut belum selesai dan masih berlangsung.

Sementara terkait kemungkinan sang perwira menengah tersebut melakukan persekongkolan dengan anak buahnya, Untung tak menampiknya. Namun, pihaknya tetap memerlukan proses yang sangat hati-hati demi mengungkap hal tersebut. Salah satunya, lanjut Untung, pihaknya akan mulai dari tes urine yang dilakukan pada anggota.

"Intinya, peristiwa kemarin merupakan pelajaran berharga bagi kami supaya ke depan bisa lebih baik lagi. Komandan saja bisa kena, kan jangan-jangan yang lain juga, itu yang kita akan membutuhkan pembuktian," lanjut Untung.

Tertangkap "Nyabu"

Sebelumnya diberitakan, BNN meringkus 3 pria aparat negara dan 1 perempuan warga sipil di Semarang, Jawa Tengah, dalam kurun waktu, 25 Februari 2013 hingga 29 April 2013. Pertama, BNN menangkap pengedar narkotika jenis sabu berinisial H yang merupakan anggota Detasemen Markas Polda Jawa Tengah dengan pangkat Inspektur Satu.

Kedua, BNN menciduk pengedar lainnya, yakni RS alias MM, yang juga merupakan anggota Direktorat Intelkam Polda Jawa Tengah dengan pangkat Brigadir. Berdasarkan pengembangan keduanya, BNN lalu menciduk seorang pria berinisial ASB yang tengah mengonsumsi sabu di kamar 1003 Hotel Ciputra, Semarang, Jawa Tengah.

Tak disangka, ASB ternyata adalah perwira TNI Angkatan Laut, yakni Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) berpangkat Kolonel. Di kediaman RS, BNN pun turut menciduk wanita kekasih RS yang diduga terlibat sindikat narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com