Kompas.com - 01/05/2013, 21:44 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga di sekitar bantaran Kali Ciliwung tidak perlu khawatir terjadi banjir susulan Rabu (1/5/2013) malam hingga besok pagi.

Hal ini karena status tinggi air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat yang menjadi indikator dipastikan normal. Hujan deras hanya turun di Ibu Kota Jakarta dan menimbulkan genangan di sejumlah titik.

"Katulampa 40 cm (status normal), sekarang tinggal gerimis, tidak ada banjir kiriman," kata Kepala Pelaksana Harian Bendungan Katulampa Andi Sudirman, Rabu sekitar pukul 22.00.

Ketinggian debit air di Katulampa pada kondisi normal berada pada level 50 cm. Peningkatan debit hingga level 60-80 cm masuk kategori Siaga IV. Siaga III berada pada level 80-150 cm, Siaga II pada level 150-200 cm, dan Siaga I terjadi bila posisi air sudah di atas 200 cm.

Biasanya, aliran air dari Bendung Katulampa yang bermuara di Teluk Jakarta mencapai Depok dalam waktu empat jam dan Manggarai sekitar sebelas jam. Sementara itu saat ini, tinggi air di Depok 190 cm dan Manggarai 750 cm.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X