Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol, Puluhan Rumah di Mampang Terendam

Kompas.com - 01/05/2013, 22:20 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (1/5/2013) sore, mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Krukut di Jalan Canadiyanti, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Puluhan rumah warga di sekitarya terendam air hingga ketinggian 1 meter.

"Itu tembok yang dibuat masyarakat untuk menahan aliran air Sungai Krukut, letaknya di Jalan Canadiyanti, jebol karena volume air yang tinggi," kata Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan Irvan Amtha melalui siaran persnya, Rabu malam.

Menurut Irvan, volume air yang bertambah membuat tekanan air semakin besar sehingga sekitar pukul 19.00 WIB air menjebol tembok setinggi 2 meter di jalan tersebut. Saat ini, Sudin PU Tata Air Jaksel telah siap melakukan langkah penanganan, tetapi derasnya air sungai membuat penanganan terhambat.

"Ada 20 pekerja sudah di lokasi dan sementara kita akan coba tutup dengan kantong-kantong pasir. Tapi masih menunggu air agak tenang karena sekarang hujan juga masih deras," katanya.

Irvan mengatakan, sebenarnya di daerah tersebut sudah terdapat pompa untuk menyedot air. Namun, karena saat ini ketinggian air di pemukiman warga berkisar antara 80-110 cm, pemakaian pompa dianggap tidak efektif.

Akibat jebolnya talud tersebut, puluhan rumah warga di Jalan Canadiyanti terendam banjir. Akses jalan alternatif dari Jalan Prapanca menuju ke Kemang sampai pukul 21.30 WIB tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com