Kompas.com - 01/05/2013, 22:20 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (1/5/2013) sore, mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Krukut di Jalan Canadiyanti, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Puluhan rumah warga di sekitarya terendam air hingga ketinggian 1 meter.

"Itu tembok yang dibuat masyarakat untuk menahan aliran air Sungai Krukut, letaknya di Jalan Canadiyanti, jebol karena volume air yang tinggi," kata Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan Irvan Amtha melalui siaran persnya, Rabu malam.

Menurut Irvan, volume air yang bertambah membuat tekanan air semakin besar sehingga sekitar pukul 19.00 WIB air menjebol tembok setinggi 2 meter di jalan tersebut. Saat ini, Sudin PU Tata Air Jaksel telah siap melakukan langkah penanganan, tetapi derasnya air sungai membuat penanganan terhambat.

"Ada 20 pekerja sudah di lokasi dan sementara kita akan coba tutup dengan kantong-kantong pasir. Tapi masih menunggu air agak tenang karena sekarang hujan juga masih deras," katanya.

Irvan mengatakan, sebenarnya di daerah tersebut sudah terdapat pompa untuk menyedot air. Namun, karena saat ini ketinggian air di pemukiman warga berkisar antara 80-110 cm, pemakaian pompa dianggap tidak efektif.

Akibat jebolnya talud tersebut, puluhan rumah warga di Jalan Canadiyanti terendam banjir. Akses jalan alternatif dari Jalan Prapanca menuju ke Kemang sampai pukul 21.30 WIB tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.