Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daerah Macet karena Genangan Air

Kompas.com - 02/05/2013, 08:15 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Genangan air di wilayah Jakarta masih banyak yang menyebabkan lalu lintas menjadi tersendat. Kemacetan tersebut disebabkan oleh genangan dari hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Rabu (1/5/2013) malam.

"Masih ada beberapa ruas jalan yang masih tergenang air dan menyebabkan kepadatan kendaraan," kata Brigadir Jenderal (Pol) Erwin, petugas TMC Polda Metro Jaya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/5/2013).

Erwin mengungkapkan, untuk di wilayah Jakarta Barat, jalan yang masih tergenang air sekitar 5 cm berada di depan Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara, Grogol. Akibatnya, pengendara yang melalui jalan tersebut melajukan kendaraan dengan kecepatan rendah sehingga menimbulkan kepadatan kendaraan.

Selain di Grogol, wilayah lain yang masih tergenang berada di Daan Mogot, Jakarta Barat. Genangan air setinggi 10 cm tersebut tepat berada di depan kantor Samsat Jakarta Barat. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Grogol menuju Kalideres padat merayap.

Untuk daerah Kedoya, kata Erwin, laporan genangan yang berada di sekitar Kedoya Selatan maupun Green Garden hanya ada sampai pukul 00.00 malam tadi. Sementara pada pagi hari, laporan terjadinya genangan air sudah tidak ada.

"Kalau sudah tidak ada laporan genangan, kemungkinan di daerah tersebut sudah surut," ungkapnya.

Genangan lain, kata Erwin, berada di depan Pasar Jagal, Buncit, Jakarta Selatan. Ketinggian air berkisar 5-10 cm. Sementara di depan WTC Mangga Dua, terjadi genangan yang berasal dari air rob setinggi 5 cm.

Untuk di Jakarta Pusat, kata Erwin, genangan air berada di daerah sebelum Cempaka Putih. Ketinggian air di wilayah tersebut setinggi 10 cm.

Air yang masih banyak tergenang di wilayah Jakarta berkisar sekitar 10 cm. Namun, pengguna jalan lebih memilih untuk menghindari genangan tersebut sehingga terjadi kemacetan di beberapa titik di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com