Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi "Soft Launching" MRT di Bundaran HI Sore Ini

Kompas.com - 02/05/2013, 12:52 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan pembangunan mass rapid transit (MRT) segera dimulai. Seremoni dimulainya pembangunan moda transportasi massal berbasis rel itu akan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (2/5/2013) sore ini.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, sebelumnya, sempat ada sanggahan dari peserta tender MRT. Namun begitu, Jokowi menolak membocorkan perihal sanggahan tersebut dan mengklaim semuanya sudah dijawab.

"Ada sanggahan kecil, tapi sudah dijawab. Kita tunggu jam lima sore nanti," kata Jokowi di Balaikota, Kamis (2/5/2013).

Untuk diketahui, pemenang tender MRT telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) MRT pada pekan lalu. Namun, hasilnya baru diumumkan secara internal pada para peserta tender.

"Tadi pagi sudah kita rapatkan dan sore nanti soft launching (MRT)," ujarnya.

Hingga saat ini, yang baru diketahui adalah pemenang lelang tiga paket underground senilai Rp 4,5 triliun, yaitu dua konsorsium yang dipilih dari 10 konsorsium gabungan perusahaan Jepang dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture untuk dua paket. Sementara Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation dipilih untuk satu paket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com