Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lebat Masih Akan Terjadi Hingga Sabtu

Kompas.com - 02/05/2013, 19:33 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga dua hari ke depan atau Sabtu (4/5/2013). Hal ini disebabkan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya masih mengalami musim pancaroba.

Kepala Bidang Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Achmad Zakir mengatakan, hujan lebat disertai petir dan angin kencang disebabkan oleh masih terdapatnya masa peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

"Potensinya masih berpeluang hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang. Namun, dengan intensitas yang cenderung menurun dari yang terjadi kemarin, Rabu (1/5/2013)," ujarnya Kamis (2/5/2013).

Ia mengatakan, dalam dua hari ke depan, hujan akan terjadi pada sore dan malam hari. Untuk wilayah di Jakarta dan sekitarnya, yang paling berpotensi terjadi hujan lebat adalah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Zakir mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

Ia menjelaskan, selama ini banyak masyarakat yang salah menafsirkan antara musim kemarau dan musim hujan. Cuaca panas tidak dapat diartikan sudah memasuki musim kemarau. Ia menyebutkan, uap panas pada cuaca terik akan dikumpulkan dan, jika sudah cukup, akan turun sebagai hujan.

"Saat ini masih pancaroba di mana pada saat musim pancaroba tersebut kondisi cuaca cukup fluktuatif, yaitu kemungkinan pada pagi harinya cuaca panas dan kemudian akan hujan pada siang menjelang sore dan malam hari," kata Zakir.

Hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi di hampir seluruh wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (1/5/2013). Akibatnya, beberapa wilayah di Ibu Kota direndam banjir dan arus lalu lintas mengalami kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com