Kompas.com - 02/05/2013, 19:47 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul yang jebol di Sungai Krukut, Jalan Canadiyanti, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Rabu (1/5/2013), mulai diperbaiki dengan menggunakan bronjong. Ini merupakan langkah sementara sebelum perbaikan secara permanen.

Tanggul Sungai Krukut itu jebol saat terjadi hujan deras sepanjang Rabu (1/5/2013) sore hingga malam. Hal itu mengakibatkan air sungai melimpas dan merendam pemukiman warga di kawasan tersebut.

Pada Kamis (2/5/2013) siang, Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan telah melakukan perbaikan sementara dengan menutup aliran pinggiran sungai di tembok yang jebol dengan bronjong, yakni batu kali yang ditata sedemikian rupa seperti tembok dan ditahan dengan ikatan kawat besi. "Memang sifatnya sementara, tapi nanti akan segera dipermanenkan," kata Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor saat dihubungi pada Kamis sore.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan Pelayanan Masyarakat Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Selatan Deddy Budi mengatakan, di tempat tersebut akan dibuat tembok permanen berbahan dasar batu sungai setinggi 3 meter, lebar 1 meter, dan panjang 50 meter. "Total biaya diperkirakan sekitar Rp 1,4 miliar," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada sore tadi, genangan air di pemukiman warga sekitar tanggul jebol itu telah sepenuhnya surut. Ketinggian air di tepi Sungai Krukut tinggal 30 cm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.