Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol di Sungai Krukut Diperbaiki Sementara

Kompas.com - 02/05/2013, 19:47 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul yang jebol di Sungai Krukut, Jalan Canadiyanti, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Rabu (1/5/2013), mulai diperbaiki dengan menggunakan bronjong. Ini merupakan langkah sementara sebelum perbaikan secara permanen.

Tanggul Sungai Krukut itu jebol saat terjadi hujan deras sepanjang Rabu (1/5/2013) sore hingga malam. Hal itu mengakibatkan air sungai melimpas dan merendam pemukiman warga di kawasan tersebut.

Pada Kamis (2/5/2013) siang, Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan telah melakukan perbaikan sementara dengan menutup aliran pinggiran sungai di tembok yang jebol dengan bronjong, yakni batu kali yang ditata sedemikian rupa seperti tembok dan ditahan dengan ikatan kawat besi. "Memang sifatnya sementara, tapi nanti akan segera dipermanenkan," kata Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor saat dihubungi pada Kamis sore.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan Pelayanan Masyarakat Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Selatan Deddy Budi mengatakan, di tempat tersebut akan dibuat tembok permanen berbahan dasar batu sungai setinggi 3 meter, lebar 1 meter, dan panjang 50 meter. "Total biaya diperkirakan sekitar Rp 1,4 miliar," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada sore tadi, genangan air di pemukiman warga sekitar tanggul jebol itu telah sepenuhnya surut. Ketinggian air di tepi Sungai Krukut tinggal 30 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com