Kompas.com - 02/05/2013, 20:15 WIB
EditorAgus Mulyadi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menyatakan, 29 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRK tidak memenuhi syarat. Mereka dipastikan tidak bisa ditetapkan sebagai calon.

Ketua KIP Banda Aceh, Aidil Azhari, di Banda Aceh, Kamis (2/5/2013), mengatakan, bacaleg yang tidak memenuhi syarat tersebut. Empat orang di antaranya tidak lulus uji kemampuan baca Al Quran, dan 25 lainnya karena tidak ikut tes mengaji tanpa alasan jelas.

Aidil menambahkan, ke-29 bakal calon tersebut berasal dari 10 partai yang sudah mengikuti uji kemampuan membaca Al Quran, sedangkan bakal calon dari lima partai lainnya belum mengikuti tes.

"Kami akan menyurati partai politik dan memberitahukan bahwa mereka dipastikan gagal ditetapkan sebagai calon," sebut Aidil.

Menurut dia, partai yang mencalonkan bakal caleg yang tidak lulus tes mengaji tersebut bisa menggantikan yang bersangkutan dengan orang lain. Pergantian tersebut diberikan pada masa perbaikan daftar calon sementara.

"Masa perbaikan daftar calon sementara dijadwalkan 9 hingga 22 Mei 2013. Nantinya partai yang menentukan, apakah mengganti mereka yang tidak lulus atau tidak," ungkap Aidil.

Selain itu, ia menyebutkan, pihaknya juga akan menyampaikan kepada partai politik peserta pemilu terkait berkas bakal calon yang persyaratannya tidak lengkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada sejumlah bakal calon dari beberapa partai yang persyaratannya tidak lengkap. Dan ini wajib dilengkapi, jika tidak, mereka bisa gagal ditetapkan sebagai calon peserta Pemilu 2014," kata Aidil Azhari.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.