Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Siapkan Rusun Terpadu untuk Nelayan di Muara Angke

Kompas.com - 02/05/2013, 21:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun rumah susun tematik di Muara Angke, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama telah melakukan pertemuan dengan tim arsitek untuk merealisasikan pembangunan Rusun Muara Angke.

"Rencananya kita mau bikin rusun tematik di Muara Angke," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Rusun Muara Angke rencananya akan diperuntukkan bagi nelayan. Rusun tersebut akan dibangun satu menara dengan jumlah unit rumah di bawah 100 unit. Di kompleks itu, akan dibangun ruangan khusus untuk budidaya ikan atau ternak ikan. Pasar tradisional dan puskesmas juga akan melengkapi rusun itu sehingga dapat menjadi sebuah rusun terpadu.

Basuki menargetkan Rusun Muara Angke dapat dijadikan sebagai lokasi wisata baru bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. "Rusun ini akan kita tata dengan rapi dan khusus untuk nelayan. Dengan itu, maka akan menjadi tempat tujuan wisata di Jakarta," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Saat ini, total jumlah rumah susun sederhana di Jakarta ada sebanyak 518 blok dengan 40.544 unit rumah di atas lahan seluas 227,15 hektar. Pemprov DKI akan terus berupaya membangun perumahan dan pemukiman, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), untuk memberikan pelayanan kepada warga Ibu Kota secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com