Kompas.com - 03/05/2013, 09:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di lokasi Binaan Makasar, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, disambut meriah pedagang. Namun, Jokowi terlihat serius karena membawa misi khusus.

Jokowi, yang menggunakan pakaian sadharia, tiba di pasar ini sekitar pukul 08.20. Setibanya di sana, ia langsung menyusuri lorong-lorong pasar, dari bagian depan, sampai ke belakang pasar yang memiliki dua lantai tersebut.

Saat menyusuri pasar, banyak warga dan pedagang yang antusias ingin menyalami mantan Wali Kota Surakarta ini, khususnya ibu-ibu. Bahkan, para warga dan pedagang yang berada di lantai satu ikut melongokkan kepala, memanggil-manggil nama Jokowi.

Saat tiba di perbatasan pasar, perbatasan antara kios kering dan kios basah (penjual sayuran dan daging), seorang warga tak kuasa menahan kegirangannya. Saking antusiasnya, warga itu mengeluarkan celetukan yang membuat seorang ajudan Jokowi menoleh kepadanya.

"Pak Jokowi sini dong..., Pak Jokowi sombong banget," kata seorang warga tersebut.

Meski begitu, seakan tak mendengar, Jokowi tetap melanjutkan langkahnya berkeliling menuju kios-kios penjual sayuran dan daging. Setelah puas berkeliling, Jokowi yang didampingi Kepala Dinas UMKM DKI Jakarta Ratna Ningsih kembali ke tengah pasar di lantai dasar dan mempresentasikan niatnya untuk merombak pasar ini.

Pasar lokasi binaan ini memiliki sekitar 300 kios. Untuk tahap awal, titik yang akan direhabilitasi adalah pasar di bagian belakang, tempat di mana terdapat puluhan kios sayur dan daging.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi pasar di bagian depan terbilang cukup nyaman, lantai sudah berkeramik, dan pedagang menggelar dagangannya dengan tertib. Sementara di bagian belakang yang akan direhabilitasi, kondisinya kurang nyaman. Lebar jalan hanya sekitar 1 meter dan lantainya becek. Sampai pukul 08.30 WIB, Jokowi masih berada di lokasi. Ia berkeliling di lantai satu pasar tersebut.

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X