Kompas.com - 03/05/2013, 14:33 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Sedikitnya tujuh organisasi Islam berunjuk rasa di Jakarta, Jumat (3/5/2013), terkait kekerasan terhadap umat Muslim di Rohingya. Organisasi kemasyarakatan itu terhimpun dalam Forum Umat Islam (FUI).

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, berbagai ormas Islam itu akan melakukan aksi di depan kantor Kedutaan Besar Myanmar untuk Indonesia.

"Pengunjuk rasa dari FUI atau Forum Umat Islam. Ormas-ormasnya FPI, JAT, GARIS, KISDI, DDII, GPMI, dan Taruna Muslim," kata Rikwanto dalam keterangannya, Jumat.

Rikwanto mengatakan, jumlah pengunjuk rasa diperkirakan mencapai 750 sampai 1.000 orang. Polda Metro Jaya mengerahkan 1.654 personel untuk mengamankan unjuk rasa tersebut.

"(Aksi) dipusatkan di Bundaran HI, kemudian menuju ke Kedutaan Besar Myanmar," ujar Rikwanto.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengalihan arus apabila terjadi kepadatan di lokasi unjuk rasa. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas. Sebanyak 150 personel polisi lalu lintas dikerahkan untuk penanganan kelancaran dan pengalihan arus tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.