Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Fashion & Food Festival 2013 Kembali Digelar

Kompas.com - 03/05/2013, 20:37 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Summarecon Agung kembali menggelar Jakarta Fashion & Food Festival (JF3). JF3 merupakan festival tahunan dan telah memasuki usia ke-10 tahun ini akan diselenggarakan pada 9-26 Mei 2013 di Sentra Kelapa Gading.

Ketua Pelaksana JF3 2013 Sugiyanto Nagariya mengatakan, industri kreatif, mode, dan kuliner telah menjadi daya tarik utama bagi pariwisata. Menurutnya, Jakarta telah memiliki potensi terhadap tiga hal tersebut karena menjadi pertemuan berbagai budaya Indonesia.

"Oleh karena itu, JF3 mengembangkan produksi anak bangsa agar dapat diterima secara global dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri serta meningkatkan Jakarta sebagai destinasi wisata belanja di Indonesia dan dunia," kata Sugiyanto di Balaikota Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, JF3 menjadi festival yang dapat dijadikan sebagai tempat pemasaran elite bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jakarta. Ia menyebutkan, kualitas busana dan kuliner Jakarta sudah menjadi sorotan dunia.

"Dengan adanya JF3, Jakarta bisa menjadi tujuan wisata kuliner karena orang merasa aman menikmati kuliner Jakarta, sehingga akan tumbuh pelaku industri baru, menciptakan banyak pasar. Kita tidak mau pedagang kecil menyewa tempat yang mahal. Saya juga minta panitia menyiapkan stiker di seluruh stan makanan kalau aman dikonsumsi dan tidak mengandung formalin atau boraks," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

JF3 2013 mengangkat tema "Transforming Indonesia into Global Taste". JF3 akan menampilkan Gading Nite Carnival, yaitu kemeriahan pesta rakyat yang diisi dengan parade mobil hias, atraksi penari dari berbagai daerah, dan ditutup dengan pesta kembang api.

Dari ajang Food Festival, Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) akan digelar dengan menyajikan seratus jenis makanan di 80 stan makanan dari UKM di bidang kuliner. Dekorasi akan dibuat menyerupai bangunan unik peninggalan zaman Belanda di Kota Tua, antara Candra Naya dan Gajah Mada.

Agar dapat bergaung secara global, sejak tahun kelima hingga sekarang, JF3 selalu menggelar Wine & Cheese Expo. Di pengujung acara JF3 ke-10 kali ini, akan digelar Jakarta Wine & Cheese Run pada 26 Mei. Dalam acara ini, peserta harus berlari sepanjang 10 kilometer (km) dengan menggunakan kostum bertema sains fiksi. Pemenang kompetisi ini akan memperoleh hadiah utama mengikuti Marathon Du Medoc 2013 di Bordeaux, Perancis, pada 7 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com