Kompas.com - 04/05/2013, 16:15 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan manajemen dan sistem transportasi publik yang baik dapat menjadi sarana edukasi  bagi warga. Masyarakat akan bisa lebih disiplin dengan adanya transportasi umum yang baik.

Pengamat sosiologi Universitas Indonesia, Paulus Wirutomo, mengatakan, Singapura dapat dijadikan sebagai contoh penyelenggaraan transportasi sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat. Dengan adanya aturan dan penegakan hukum yang ketat, masyarakat di Negeri Singa itu bisa sangat disiplin dalam menaiki transportasi umum.

"Kita satu jam di Singapura, kita bisa menjadi orang yang disiplin. Tapi ketika balik lagi ke Jakarta, kedisplinan itu hilang lagi," kata Paulus di Jakarta, Sabtu (4/5/2013).

Menurut Paulus, dengan dukungan manajemen transportasi yang baik, masyarakat Singapura bisa menjadi masyarakat yang teratur karena mereka tidak harus menunggu lama untuk bisa mendapatkan kendaraan. Selain itu, mereka tidak susah mendapatkan sebuah kendaraan.

"Kalau di luar negeri itu lebih cepat, sehat, murah, dan ada transportasi penghubung. Jadi mereka terdidik," kata Paulus.

Keadaan berbeda bisa dilihat dari keadaan transportasi di Jakarta saat ini. Sarana dan prasarana transportasi Ibu Kota masih rawan tindak kejahatan, kotor, dan selalu dipenuhi oleh orang. Bahkan ada pula penumpang yang terpaksa naik ke atap bus atau kereta api akibat penuhnya kapasitas atau karena ingin menghindari penarikan tarif.

Untuk itu, Paulus menilai transportasi bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, tentunya dengan didukung manajemen yang baik pula. "Jangankan menaiki, kita lihatnya saja sudah malas. Bagaimana mau jadi bangsa yang disiplin jika transportasinya seperti itu," ujarnya Paulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.