Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Kampung Pulo Ludeskan Lima RT

Kompas.com - 05/05/2013, 17:16 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (4/5/2013) siang, membuat bangunan-bangunan di lima RT dalam dua RW di area permukiman bantaran Sungai Ciliwung itu hangus. Beruntung, insiden tersebut tidak memakan korban jiwa.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu menjelaskan, lima RT yang rumahnya terbakar adalah RT 14, RT 15 dan RT 16 yang ada di RW 03 serta RT 11, RT 13 yang ada di RW 02. Permukiman yang dilanda kebakaran berada persis di bibir aliran Sungai Ciliwung.

"Penyebab pastinya kebakaran belum diketahui. Tapi api diketahui berasal dari sebuah kontrakan milik Ibu Norah Manurung yang terletak di RT 15 RW 03 dan ditinggali Pak Basir," ujarnya melalui pesan singkat pada Kompas.com, Minggu sore.

Informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, saat warga tengah beraktivitas seperti biasa. Rumah warga yang terbuat dari bahan semi permanen menyebabkan api dengan mudah menyebar dan menghanguskan permukiman tersebut.

Meski belum ada laporan terkait korban jiwa, kebakaran tersebut meluluhlantakkan harta warga yang tak sempat menyelamatkan barang berharganya. Bahkan, selain melahap wilayah permukiman warga, kebakaran tersebut juga menghanguskan dua unit sepeda motor warga.

Puluhan unit mobil pemadam dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur kesulitan mencapai titik api. Petugas pemadam akhirnya menyeberang ke sisi sungai lain, yakni Kelurahan Bukit Duri untuk memadamkan kobaran api. Kobaran si jago merah pun padam sekitar dua jam kemudian.

Pukul 17.00 WIB, petugas pemadam masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Beberapa warga yang kontrakannya hangus dilalap si jago merah tampak mulai mengais-ngais sisa-sisa kebakaran melihat kemungkinan adanya barang-barang yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com