Kompas.com - 05/05/2013, 18:14 WIB
Penulis Lasti Kurnia
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

TANGERANG, KOMPAS.com-  Siapapun yang melihat sepintas dari luar,  tidak akan menyangka bahwa di dalam pabrik kuali di Kampung Bayur Opak, Kabupaten Tangerang, Banten, telah terjadi perbudakan.

Tampak luar kompleks bangunan pabrik tampak biasa saja, apalagi disampingnya berdiri sebuah rumah mewah.

Namun saat masuk ke dalamnya, selain kotor, jorok, pengap, dan berdebu, suasana gelap mencekam  terasa pekat di sejumlah ruangan.

Pabrik kuali bersebelahan persis dengan rumah mewah dua lantai  milik bos kuali alias tersangka Yuki Irawan (41).

Lokasi pabrik berada di tengah perkampungan penduduk di Kampung Bayur Opak. Posisinya berada di depan jalan kampung yang bisa dilalui satu buah mobil.

Di jalan tersebut tampak dua buah bangku kayu yang dipaku ke pohon di pinggir jalan. Menurut warga, di pohon tersebut selalu ada centeng yang mengawasi pabrik dari luar.

Bangunan pabrik bisa dibilang terdiri dari tiga bangunan utama sedangkan satu unit bangunan kecil yang terpisah, berada di belakang rumah mewah milik Yuki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bangunan pertama adalah bangunan non permanen beratap asbes, berdinding bambu, dan disangga oleh sejumlah tiang kayu.

Di dalam bangunan tersebut terdapat dua buah tungku yang digunakan untuk melebur aluminium dan di lantai tanah terdapat tempat mencetak aluminium cair menjadi bentuk batangan.

Sejumlah tabung gas, timbangan, dan alat mencetak kuali berserakan di lantai tanah. Di dua buah tiang kayu dipasang karton bertuliskan target produksi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.