Kompas.com - 05/05/2013, 19:31 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sembilan buruh asal Lampung yang sempat disekap dan disiksa di sebuah pabrik di Tangerang akhirnya pulang ke rumah mereka di Lampung Utara. Mereka dikawal polisi.

"Kesembilan korban (buruh) telah sampai ke rumah mereka di Blambangan Pagar, Lampung Utara tadi pagi Pukul 07.00 WIB, dengan dijemput polisi dari Polres Lampung Utara," tutur Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Pol. Sulistyaningsih, Minggu (5/5/2013).

Kedatangan mereka disambut pejabat Pemkab Mesuji, tokoh masyarakat, dan keluarganya.

Kesembilan buruh asal Lampung Utara ini adalah Junaidi (22), Andi Gunawan (20), Majid (20), Adi Putra (23), Misyanto (20), Erfan (21), Sarufuddin (21), Kurniawan (19), dan Ijal (20).

Praktik penyekapan dan penyiksaan buruh yang mirip praktik perbudakan di sebuah pabrik di Sepatan, Tangerang, itu terbongkar dari laporan Andi Gunawan dan Junaedi, buruh yang melarikan diri dari pabrik itu, kepada Polres Lampung Utara.

"Karena locus delicti-nya (kejadian perkara) ada di Tangerang, maka laporan itu dilimpahkan ke Polres Tangerang. Saksi korban diantarkan oleh tim Polres Lampung Utara ke Tangerang, sehingga terbongkarlah kasus itu," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.