Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Buruh Diantar ke Lampung

Kompas.com - 05/05/2013, 19:31 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

 

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sembilan buruh asal Lampung yang sempat disekap dan disiksa di sebuah pabrik di Tangerang akhirnya pulang ke rumah mereka di Lampung Utara. Mereka dikawal polisi.

"Kesembilan korban (buruh) telah sampai ke rumah mereka di Blambangan Pagar, Lampung Utara tadi pagi Pukul 07.00 WIB, dengan dijemput polisi dari Polres Lampung Utara," tutur Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Pol. Sulistyaningsih, Minggu (5/5/2013).

Kedatangan mereka disambut pejabat Pemkab Mesuji, tokoh masyarakat, dan keluarganya.

Kesembilan buruh asal Lampung Utara ini adalah Junaidi (22), Andi Gunawan (20), Majid (20), Adi Putra (23), Misyanto (20), Erfan (21), Sarufuddin (21), Kurniawan (19), dan Ijal (20).

Praktik penyekapan dan penyiksaan buruh yang mirip praktik perbudakan di sebuah pabrik di Sepatan, Tangerang, itu terbongkar dari laporan Andi Gunawan dan Junaedi, buruh yang melarikan diri dari pabrik itu, kepada Polres Lampung Utara.

"Karena locus delicti-nya (kejadian perkara) ada di Tangerang, maka laporan itu dilimpahkan ke Polres Tangerang. Saksi korban diantarkan oleh tim Polres Lampung Utara ke Tangerang, sehingga terbongkarlah kasus itu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com