77 Rumah di Kampung Pulo Hangus

Kompas.com - 06/05/2013, 03:46 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Setelah 40 tahun bebas dari kebakaran, pada Minggu (5/5) sekitar pukul 13.20 api melalap 77 rumah di kawasan padat penduduk Kampung Pulo, bantaran Kali Ciliwung, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Tak kurang dari 115 keluarga kehilangan tempat tinggal.

Bayu (52), warga setempat, mengaku sejak kecil tinggal di Kampung Pulo belum pernah ada kebakaran di sana. ”Ini kebakaran pertama setelah puluhan tahun,” ucapnya.

Kebakaran itu tersebar di lima RT di RW 002 dan RW 003. Kelima RT itu antara lain RT 011, 013, dan RT 014 di RW 02 serta RT 15 di RW 003.

Menurut sejumlah warga, api pertama kali muncul dari salah satu rumah kontrakan yang dihuni Basir (55) di RT 015 RW 003. Api lalu melalap rumah yang berada di kanan dan kirinya.

Karena angin bertiup kencang, api merambat ke deretan rumah di seberang rumah Basir yang dibelah gang selebar 60 sentimeter, yaitu RT 011 RW 002.

Namah (55), salah satu tetangga Basir yang rumahnya hangus terbakar, mengaku, mulanya terdengar ledakan yang kemudian disusul kobaran api. Empat rumah miliknya terbakar. Ia menyebutkan, tiga rumah di antaranya dihuni anak-anaknya.

”Setelah terdengar ledakan itu api langsung menyambar atap rumah saya dan tiga rumah yang dihuni anak-anak saya,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 39 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran itu. Namun, mobil pemadam kebakaran itu hanya dapat menjangkau Jalan Bukit Duri Utara. Pasalnya, seluruh akses jalan dari Jalan Jatinegara Barat ke lokasi kebakaran hanya berupa gang.

Pemadaman akhirnya dilakukan petugas pemadam kebakaran dari kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, yang berseberangan dengan lokasi kebakaran yang dibelah Kali Ciliwung.

Warga pun bahu-membahu memadamkan api di lokasi kebakaran dengan 10 pompa pemadam kebakaran milik RW 002 dan RW 003.

Kepala Polsek Jatinegara Komisaris Suminto mengaku, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Sementara itu, warga korban kebakaran, kata Camat Jatinegara Sofyan, mengungsi di Mushala Attawabin yang berada di tengah permukiman Kampung Pulo. ”Kebutuhan pengungsi akan dipenuhi oleh Palang Merah Indonesia,” katanya. (MDN)



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.