Kompas.com - 06/05/2013, 13:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo berharap para bawahannya meniru kebiasaannya blusukan untuk menengok masalah warga. Menurut Lurah Gandaria Utara Lukmansyah, sebelum ada arahan dari Gubernur, sejumlah lurah dan camat telah aktif melakukan hal tersebut.

"Pak Jokowi sih enak, blusukan selalu diliput media, jadinya orang banyak tahu. Nah kalau kita, mana ada?" kata Lukmansyah sambil tersenyum saat ditemui di kantornya, Senin (6/5/2013).

Lukmansyah mengaku, jika melakukan kunjungan-kunjungan ke warga, dia lebih senang menggunakan sepeda motor daripada menggunakan mobil dinas yang telah disediakan. Menurutnya, apa yang dia lakukan mencontoh Jokowi saat dulu melakukan kampanye.

Dengan menggunakan sepeda motor, akan lebih cepat dan leluasa dalam bergerak tanpa terjebak kemacetan. Dan, karena itu pula, saat ini untuk menghadiri rapat-rapat dia lebih senang menggunakan sepeda motor daripada mobil dinas.

"Dulu bener tuh, Jokowi pas kampanye naik motor. Emang Jakarta lebih enakan naik motor sih. Sekarang saya ke mana-mana, pergi rapat ke kecamatan atau wali kota lebih senang naik motor," ujarnya.

Kebiasaan melakukan blusukan telah menjadi kebiasaan Jokowi sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Dengan melakukan blusukan, menurut Jokowi, seorang pemimpin akan melihat langsung dan mengetahui lebih rinci segala permasalahan yang dialami warganya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.