Kompas.com - 06/05/2013, 21:00 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Ondel-ondel dan kain batik menjadi salah satu motif karya kurumie yang dipamerkan di Japan Foundation, Senin (6/5/2013) di Gedung Summitmas 1 lantai 2 Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Selatan.

Sebanyak 50-an karya kurumie atau seni membungkus gambar dengan kertas washi asal Jepang. Ondel-ondel, wanita Jepang memakai kain batik pekalongan, atau pesta rakyat Jepang, adalah beberapa karya kurumie yang dipamerkan oleh dua pembuatnya yaitu Linda Khang dan Rohana.

"Ini salah satu kerajinan tangan khas Jepang sejak zaman Edo (tahun 1600-an). Motif dan gambarnya bisa beraneka ragam termasuk bisa digunakan untuk mengenalkan dan memopulerkan seni budaya Indonesia," ujar Linda.

Rohana menuturkan, seni yang butuh kesabaran dan kerapian ini selain bermula dari hobi, juga sudah mulai menghasilkan secara ekonomi. Karya-karya Rohana bisa dijual untuk hiasan antara Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per buahnya. Pameran sehari itu juga dilanjutkan dengan kelas workshop membuat kurumie secara bersama-sama.

"Harapannya komunitas pecinta kurumie semakin banyak di tanah air. Selain untuk mengisi waktu, juga bisa untuk menambah ilmu dan penghasilan," ujar Linda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.