Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Mimika Gelar Operasi Simpatik 2013

Kompas.com - 06/05/2013, 22:55 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Dalam rangka pelaksanaan Operasi Simpatik 2013, jajaran Kepolisian Resor Mimika melakukan gelar pasukan di Jalan Budi Utomo, tepat di depan Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Mimika, Timika, Papua, Senin (6/5/2013) sore.

Kepala Kepolisian Resor Mimika, AKBP Jermias Rontini mengatakan pelaksanaan operasi simpatik ini bertujuan menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Operasi simpatik yang digelar mulai tanggal 7 hingga 27 Mei mendatang, menurut Rontini, akan mengutamakan kegiatan preemtif, preventif, edukatif serta penindakan pelanggaran lalu lintas secara selektif dengan prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Dalam pelaksanaan operasi ini kita akan mengutamakan tindakan preemtif atau imbauan. Jadi kita tidak asal tilang-tilang saja, tapi kita kasih tahu, anda salah ini, ya namanya juga simpatik," jelas Rontini.

Rontini mengakui angka kecelakaan lalu lintas di Kota Timika, masih sangat tinggi. Hal ini terutama akibat rendahnya kesadaran warga dalam berlalu lintas. "Banyak masyarakat tidak tahu. Main terabas saja. Tidak mau tahu meski sudah ada rambu lalu lintas. Padahal kan sudah ada aturannya sesuai undang-undang," jelasnya.

Melalui pelaksanaan operasi simpatik ini, Rontini berharap masyarakat bisa paham tentang lalu lintas dan aturan-aturannya serta menciptakan kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya polisi lalu lintas.

Menurut data dari Satlantas Polres Mimika, selama bulan April 2013, telah terjadi 47 pelanggaran lalu lintas, 16 kali kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, 14 orang luka berat, dan 18 orang luka ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com