Kompas.com - 07/05/2013, 10:14 WIB
EditorErlangga Djumena

MADIUN, KOMPAS.com — PT Industri Kereta Api (INKA) saat ini menunggu informasi lelang lanjutan untuk pengadaan kereta api untuk angkutan hasil tambang di area tambang PT Freeport Indonesia. Pada lelang awal pertengahan tahun lalu, INKA tidak mengajukan spesifikasi yang diminta oleh Freeport.

Agus Purnomo, Direktur Utama PT INKA menjelaskan, meski nilai proyeknya hanya Rp 50 miliar, tetapi INKA tetap ingin maju mengerjakan proyek tersebut. Dia bilang, pengadaan kereta api itu sudah diajukan ke Freeport sejak tahun lalu.

"Karena spesifikasi yang diminta Freeport berubah. Awalnya mereka minta buat kereta yang di rel saja, tapi sekarang mereka inginkan kereta yang bisa berjalan di darat (tanpa rel)," terang Agus kepada KONTAN, di kantor INKA, Madiun, Senin (6/5/2013).

Karena ada perubahan itu, Agus bilang, pihaknya sedang membuat kereta yang bisa berjalan tanpa rel. Di tempat yang sama, Yunendar Aryo, Direktur Produksi dan Teknologi INKA, menambahkan, saat ini pihaknya menanti kabar dari Freeport untuk pengerjaan kereta api yang diinginkan tersebut.

"Saat ini kami tunggu kepastian dari Freeport. Mereka bilang proyek ini akan dikerjakan tahun ini. Tapi saat ini kami belum dihubungi kembali," jelasnya. Agus dan Yunendar yakin, INKA mampu mengerjakan proyek kereta tersebut.

Alasannya, karena mereka mendapatkan komitmen dari Freeport, yang ingin menggandeng perusahaan dari dalam negeri untuk membangun jaringan kereta api di lokasi tambangnya. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.